Pendapatan Nasional (Manfaat, Metode, dan Konsep Pendapatan Nasional)

pendapatan nasional

Pendapatan nasional adalah penjumlahan dari seluruh barang dan jasa yang dihasilkan oleh seluruh sektor ekonomi masyarakat yang ada dalam suatu negara dalam periode satu tahun. Pendapatan nasional ini juga dapat diartikan sebagai produksi nasional. Maksudnya adalah sesuatu yang berarti nilai dari hasil produksi yang dihasilkan oleh seluruh anggota masyarakat suatu negara dalam periode waktu tertentu (biasanya satu tahun).

Manfaat Pendapatan Nasional
1. Menilai perkembangan ekonomi negara dalam satu periode
Peranan suatu pemimpin merupakan salah satu penggerak ekonomi bangsa. Selain itu, setiap pemimpin pasti mempunyai arah kebijakan yang berkaitan dengan ekonomi suatu negaranya. Adanya perhitungan pendapatan nasional ini untuk mengetahui kelemahan atau kesalahan yang pernah terjadi dari sisi ekonomi untuk dikoreksi di masa kepemimpinan selanjutnya. Dengan melihat pendapatan nasional yang ada pada suatu negara, maka pemerintah dapat menentukan arah kebijakan pada periode selanjutnya. Pendapatan nasional ini juga dapat dijadikan sebagai rambu-rambu bagi pemerintah untuk menentukan kebijakannya.

2. Mengetahui pertumbuhan ekonomi dan pendapatan perkapita
Menghitung pendapatan nasional merupakan salah satu aspek penting dalam perekonomian suatu negara. Hal ini dapat menjadi  evaluasi terhadap perekonomian negara agar perekonomian mengalami peningkatan setiap tahunnya. Jenis-jenis pendapatan nasional dapat menjadi sebuah tolak ukur untuk mengetahui di mana ada kelemahan perekonomian yang perlu dievaluasi sehingga kelemahan tersebut dapat diperbaiki di periode selanjutnya. Hal ini dapat dinyatakan bahwa persentase mengenai pendapatan nasional berdasarkan jenis pendapatan (income) atau pun produksi (product)

3. Menilai prestasi ekonomi suatu negara
Pendapatan nasional menjadi semacam tolak ukur mengenai kesuksesan dan kemakmuran suatu bangsa. Salah satu hal yang menjadi penghargaan adalah ketika pendapatan nasional suatu negara itu tinggi dibandingkan dengan negara-negara lainnya.

Konsep Pendapatan Nasional
1. Produk Domestik Bruto (GDP)
GDP = Pendapatan Masyarakat DN (dalam negeri) + Pendapatan Asing DN

2. Produk Nasional Bruto (GNP)
GNP = Pendapatan WNI DN + Pendapatan WNI LN (luar negeri) – Pendapatan Asing DN

3. Produk Nasional Netto (NNP)
NNP = GNP – depresiasi (penyusutan barang modal)

4. Pendapatan Nasional Neto (NNI)
NNI = NNP – Pajak Tidak Langsung

5. Pendapatan Perseorangan (PI)
PI = NNI – Pajak Perusahaan – Iuran – Laba Ditahan + Transfer Payment

6. Pendapatan yang siap dibelanjakan
DI = PI – Pajak Langsung


Menghitung Pendapatan Nasional
1. Metode Produksi
Y = [(Q1 x P1) + (Q2 x P2) + (Qn x Pn) ...]

2. Metode Pendapatan
Y = r + w + i + p
(rent, wage, interest, profit)

3. Metode Pengeluaran
Y = C + I + G (X - M)

1 komentar:

  1. How do I make money from sports betting?
    The หาเงินออนไลน์ odds are a 샌즈카지노 bit lower for sports betting, but the sports betting odds for all of us to place a bet are also lower. For deccasino example, in a sports bettor

    BalasHapus